Kunjungan Kerja Unit TIPD IAIN Ponorogo ke PTIPD UIN Malang

Alhamdulillah pada hari Jumat 18 Oktober 2019 kami dari tim unit TIPD IAIN Ponorogo dapat silaturrahim ke PTIPD UIN Malang. Rombongan UTIPD IAIN Ponorogo dipimpin langsung oleh kepala kami bapak Drs. Waris M.Pd.

Rombongan berangkat dari Ponorogo sekitar jam 6 pagi dan sampai di kampus UIN Malang jam 11.00 siang. Rombongan dari Ponorogo terdiri dari semua tim TIPD ber 7 orang yakni :

  1. Drs. Waris M.Pd
  2. Ronny Saiful Amri, S.Kom
  3. Rendra Prasetya, S. Kom
  4. Paryon, S.H
  5. Moh Abdul Aziz Alwa
  6. Jainal Muttaqin
  7. Ahmad Nasa Hakim

Kami melakukan sesi berbagi dengan pihak PTIPD UIN Malang setelah istirahat sholat jumat yang dimulai 13.30. Acara ini dimulai dan dibuka oleh kepala PTIPD UIN Malang yakni bapak Muchlish Fuadi, M.Kom. Beliau mulai mengenalkan semua tim yang ada di unit PTIPD UIN Malang. Total jumlah tim yang ada di Malang sekitar 10 orang dengan spesialisasi masing – masing, seperti Programmer, System Administrator serta Administrasi.

Yang menarik berikutnya adalah pihak PTIPD UIN Malang memberikan gambaran blueprint yang mereka miliki dalam pengembangan unit selama 10 tahun ke depan. PTIPD memiliki pandangan luas sesuai perkembangan kampus serta kebutuhan sistem informasi untuk menunjang hal tersebut.

Dalam kesehariannya tim PTIPD UIN Malang fokus dalam pengembangan sistem untuk mendukung lembaga – lembaga kampus seperti bagian Akademik, Bag. Umum serta Bagian Keuangan. Di setiap bagian ini tim PTIPD UIN Malang telah mengembangan masing- masing aplikasi untuk membantu operasional bagian.

Seperti aplikasi PADU (Pusat Aplikasi dan Data Utama) Aplikasi ini masih dalam tahap pengerjaan namun dapat diakses melalui padu.uin-malang.ac.id. Aplikasi padu ini adalah semacam aplikasi pusat data baik oleh civitas akademika maupun alumni. Semua data diharapkan dapat terhubung sehingga semua elemen kampus dapat menerima informasi lengkap dan sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

Selain itu masih ada aplikasi SIPERFORMA, dalam guyonan gayeng yang disampaikan bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi favorit dari banyak elemen kampus. Karena aplikasi ini menyampaikan data gaji serta informasi penyerapan anggaran oleh setiap unit dan sub satuan kerja di UIN Malang.

Sebenarnya masih ada beberapa lagi aplikasi internal yang dikembangkan oleh tim PTIPD UIN Malang, disisi lain tim PTIPD UIN Malang mendapatkan dukungan penuh oleh segenap elemen kampus sehingga produktif dalam setiap pengembangan aplikasi dan sistem.

Untuk sisi jaringan dan server pihak UIN Malang memiliki 460 titik Acces Point, 25 KM Fiber Optic serta Bandwith 1,6 Gb dedicated guna melayani seluruh kegiatan kampus. Selain itu untuk teknologi server menggunakan beberapa OS seperti Ubuntu serta Free BSD. Untuk mengakomodir serta memanage server menggunakan teknologi virtualisasi dari VM Ware serta Plesk sebagai manajemen servernya.

Kami berharap silaturrahim dan kunjungan kerja ini dapat meningkatkan produktifitas serta kinerja dari masing masing institusi.